Laporan

Latar Belakang Permasalahan

Pendidikan pada hakekatnya tidak dapat dipisahkan dari kehidupan setiap manusia karena dengan pendidikan manusia dapat berdaya guna dan mandiri. Selain itu, pendidikan sangat penting dalam pembangunan maka tidak salah jika pemerintah senantiasa mengusahakan untuk meningkatkan mutu pendidikan baik dari tingkat pendidikan dasar maupun perguruan tinggi.
Mata pelajaran matematika adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada jenjang pendidikan dan merupakan bagian integral dari pendidikan nasional dan merupakan mata pelajaran yang tidak kalah penting dengan mata pelajaran yang lain. Matematika merupakan ilmu dasar yang penerapannya sangat dibutuhkan oleh ilmu pengetahuan dan teknologi. Akan tetapi, dikalangan para siswa matematika merupakan mata pelajaran yang kurang disukai. Minat mereka terhadap mata pelajaran matematika rendah, karena anggapan mereka matematika merupakan mata pelajaran yang sangat sulit. Sehingga mereka sangat sulit untuk memahami materi pada mata pelajaran ini.
Dalam pembelajaran matematika, terutama dikelas rendah banyak faktor yang mempengaruhi berhasil atau tidaknya belajar siswa. Karena pada dasarnya kemampuan siswa satu dengan yang lainnya serta cara belajar mereka pun berbeda. Melalui tingkat daya tangkapan siswa yang berbeda, maka guru yang baik harus mampu mengajar dengan baik. Maksudnya guru harus mempunyai metode pembelajaran yang diharapkan mampu memberikan pengertian dalam pemecahan masalah tentang mata pelajaran matematika guna meningkatkan prestasi belajar siswa. Sistem pembelajaran yang menggunakan alat peraga merupakan sistem pembelajaran yang cocok untuk pembelajaran matematika.
Penerapan metode pembelajaran dengan menggunakan media atau alat peraga khususnya dalam mata pelajaran matematika dapat membantu siswa dalam menerima pesan yang disampaikan guru terhadap siswanya. Karena mata pelajaran matematika mempunyai banyak pokok bahasan yang sulit dipahami. Salah satunya pemahaman materi tentang bangun ruang. Selain membantu siswa dalam menangkap materi yang disampaikan oleh guru, menggunakan alat peraga dapat menggugah minat siswa untuk mempelajari matematika serta dapat membangun suasana dalam pembelajaran matematika.

Perumusan Masalah

  • Bagaimana cara pembuatan alat peraga jaring-jaring kubus dan balok?
  • Bagaimana cara penggunaan alat peraga jaring-jaring kubus dan balok tersebut?

Tujuan

Tujuan dari pembuatan proposal ini adalah:

  • Mengetahui cara pembuatan alat peraga jaring-jaring kubus dan balok.
  • Mengetahui cara kerja alat peraga jaring-jaring kubus dan balok.

Manfaat

Manfaat yang diharapkan dalam pembuatan alat peraga jaring-jaring kubus dan balok ini adalah:

  • Manfaat teoritis

Secara teoritis, manfaat pembuatan alat peraga ini dapat memberikan sumbangan kepada pembelajaran matematika khususnya untuk keefektifan pembelajaran melalui alat peraga tersebut.

  • Manfaat praktis
  1. Bagi guru

Memberikan wawasan kepada guru tentang penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika
Menanamkan kreativitas guru dalam pengembangan pembelajaran matematika
Menanamkan kreativitas guru dalam usaha pembenahan pembelajaran matematika

  1. Bagi siswa

Meningkatkan kreativitas siswa dalam proses belajar matematika
Meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran matematika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s