EKOLOGI DAN LINGKUNGAN HIDUP

Posted: Januari 11, 2012 in Uncategorized

Pengertian Ekologi dan Lingkungan
Pada dasarnya ekologi adalah ilmu dasar yang menyelidiki dan memahami bagaimana alam bekerja, bagaimana keberadaan makhluk hidup dalam suatu system kehidupan, dan bagaimana bentuk hubungan antar makhluk hidup dalam suatu ekosistem.
Lingkungan hidup adalah suatu system kehidupan yang di dalamnya terdapat campur tangan manusia terhadap tatanan ekosistem. Lingkungan hidup tersusun oleh 3 komponen yaitu komponen abiotik, biotik,dan kultur (social budaya). Ekosistem atau system ekologi yaitu satuan kehidupan yang terdiri atas bermacam-macam komunitas makhluk hidup dengan berbagai benda tak hidup yang saling melakukan interaksi membentuk suatu system.

Kualitas Manusia dan Kualitas Lingkungan Hidup
Manusia sebagai salah satu jenis makhluk hidup (komponen biotic) dalam kenyataannya menjadi penyebab utama terjadinya berbagai perubahan dalam system kehidupan secara menyeluruh. Sedangkan manusia dengan potensi dan kemampuan yang dimilikinya melakukan perubahan secara berbeda akibat ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikuasainya serta adanya perkembangan tingkat budaya pada umumnya.
Aspek moral manusia menjadi sangat penting dalam menentukan landasan bagi setiap kegiatan manusia untuk melakukan perubahan terhadap system kehidupan. Pengelolaan lingkungan hidup yang benar adalah apabila terjadi keserasian, keselarasan dan keseimbangan antara kualitas manusia dan kuantitas lingkungan.

Pencemaran dan Perubahan Kualitas Lingkungan Hidup
Pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya suatu komponen tertentu kedalam lingkungan sehingga kualitas lingkungan menjadi turun yang menyebabkan lingkungan tersebut tidak dapat berfungsi sebagaimana peruntukannya.
Pencemaran lingkungan disebabkan dari kegiatan manusia yang dapat mengakibatkan berbagai dampak buruk, baik bagi kehidupan manusia, bagi makhluk hidup lain, maupun bagi lingkungan. Berikut ini beberapa contoh akibat adanya pencermaran lingkungan.
• Keracunan dan penyakit
• Punahnya spesises
• Terjadinya efek rumah kaca dan terbentuknya luang ozon
• Kesuburan tanah beerkurang
Pencemaran lingkungann tentu saja menyebabkan penurunan kualitas hidup. Terjadinya penurunan kualitas lingkungan banyak disebabkan oleh faktor manusia yang menjadi salah satu komponen terpenting dalam lingkungan.

 

klik disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s